Testimoni #unHack 2023

Testimoni #unHACK2023

Ronny Budiman

Shalom. Terima kasih buat tim SABDA yang telah melibatkan kami sebagai mitra dalam mengembangkan media untuk pelayanan. Kita percaya kegiatan ini akan punya dampak yang besar bukan saja bagi tim dan peserta, tetapi juga setiap orang yang terpapar dengan media yang dihasilkan untuk puji dan hormat nama Tuhan. Saya percaya bahwa ada kegiatan-kegiatan lanjutan untuk SABDA terlebih bagi kita semua yang digerakkan untuk membuat proyek lanjutan yang semakin menambah kreativitas kita menghasilkan karya-karya baik secara tim maupun personal untuk membawa misi pekabaran Injil tanpa dibatasi ruang dan waktu. God to be glory. Terima kasih juga buat teman-teman yang sudah membagi ilmu dan pengalaman untuk dipakai secara bersama. Semoga harapan kita semua diberkati oleh Tuhan dan semuanya hanya untuk puji dan hormat nama Tuhan.

Daniel Kristanto

Satu kalimat dari Bu Yulia Oeniyati: "Jangan mundur ya Pak, kita pasti bisa asal berani mencoba dan terus berlatih" sehingga saya terus mencoba dan menghasilkan quotes yang sederhana, semoga tetap menjadi berkat. Yang berkesan: Kakak-kakak dari SABDA selalu tanggap dengan hasil apapun dan tetap memberi saran. Soal Gotong Royong di grup Content/Media luar biasa sekali dan dengan semangat selalu membagikan dengan sukarela kelebihannya sehingga saya yang awam bisa belajar banyak dan termotivasi untuk maju. SABDA luar biasa dalam bersaksi dan melayani sehingga membuka cakrawala bagi orang awam seperti saya untuk dapat menggunakan teknologi AI dalam pelayanan sehingga tidak menjadi penonton saja. Ternyata AI-4-GOD! itu bisa sungguh nyata. Bravo SABDA #unHACK. Happy anniversary SABDA YLSA. Tuhan Yesus memberkati.

Chika Ferryana

Kesan saya, senang melihat para tim YLSA yang sangat sabar mendampingi kami rekan-rekan peserta sampai bisa. Pesannya, kalau boleh per tahun depan, #unHACKnya jadi 2 minggu supaya makin banyak hasil proyek dan kami tidak merasa seperti dikejar-kejar. Thank you ya PJ, Nikos Septian dan Rei. Thank you buat bimbingannya ya, Bu Evie Broto, May Margowati, There, dan Roma atas bimbingan dan masukannya. Buat rekan-rekan yang lain tetap semangat dan terus berkarya lebih lagi untuk Tuhan.

Siani Indratiningrum

Terima kasih untuk tim SABDA. Melalui acara ini, saya mendapatkan manfaat yang luar biasa. Terima kasih untuk bimbingan tim SABDA dalam proyek gotong royongnya. Semoga ada kelanjutannya dan semuanya dapat dipakai untuk kemuliaan nama Tuhan. Seru, asyik, menyenangkan, serta menambah pengetahuan.

Linda Tolly

Bersyukur kepada Tuhan untuk kesempatan yang diberi melalui SABDA, dapat bergabung dengan para pekerja Tuhan yang memanfaatkan teknologi AI untuk menopang pekerjaan pelayanan. Sungguh saya sangat berterima kasih untuk Bu Santi, Bu Melisa, dan Pak Nehemia serta semua staf SABDA yang sangat membantu saya dalam mengerjakan apa yang sebelumnya saya tidak tahu, dan kini menjadi tahu serta sangat tertolong. Dan, bagi saya hal ini terlalu luar biasa. Terima kasih untuk kebersamaan kita sesama peserta yang berbeda daerah dan dipisahkan Jarak. Namun, dapat dipersatukan untuk pekerjaan Tuhan, melalui #unHACK Gotong Royong 2023. Mari kita menggunakan AI untuk melayani Tuhan dan untuk memuliakan nama-Nya. Tuhan Yesus berkati.

Lily Kurniati Wahjudi

Terima kasih untuk Kak Santi, Mas Nehemia, dan seluruh staf SABDA yang mengajak kami kerja bareng dan mengajari kami sehingga bisa menggunakan AI untuk melayani Tuhan. Kerja gotong-royong yang sangat menginspirasi untuk saya bisa melakukan hal serupa di gereja.

Ali Hartono

Terima kasih untuk Kak Santi dan Kak Nehemia yang telah memfasilitasi kami dan memberikan wadah bagi kami untuk melayani Tuhan dan sesama.

Naomi Ruth Evelyn

Terima kasih banyak tim Sabda, untuk kesempatan pembenaran, kerjasama, dan bantuan yang diberikan. Juga rekan-rekan semua yang terlibat. Kiranya Tuhan saja yang dipermuliakan. Soli Deo Gloria!

Jeffrey Lim

Walaupun letih namun sukacita. Bersyukur bisa berkomunikasi dan berbagi bersama. Tetap sama-sama semua belajar terus.

Daniel Victor Sinatrawan

Kesan: Puji Tuhan baik dan bersyukur bisa ikuti momen ini sama-sama belajar hal yang baru, saling kerjasama berbagi dan gotong royong, saling menguatkan, saling support dalam mengerjakan hal-hal baru. Pesan: Agar diadakan berkelanjutan,tetapi bertahap ya, misal saat ini buat content/media renungan, lalu besok buat drama, lalu besok buat lagi yang berbeda. Lalu ke gameboard, minggu depannya lalu ke tokoh, minggu depannya ke bahasa suku supaya bisa ikutan semua.

Sannur Tambunan

Dapat berkolaborasi dan saling berbagi. Terus semangat untuk belajar.

Khoe Pao Phing

Teman-teman yang berusia muda sangat semangat menolong dan mereka juga share alat-alat yang mereka pakai untuk AI sehingga saya bisa belajar lebih lagi di dunia AI.

Melce Yonathan Lomi

Kesan saya pribadi adalah ini proyek #unAHACK 2023 yang paling keren karena banyak tantangan dan dituntut untuk lebih kreatif dengan menggunakan AI. Pesan saya: untuk momen Paskah 2024 nanti berharap SABDA buat lagi event seperti ini supaya para Sahabat SABDA terpacu mengeksplor diri dengan teknologi AI dapat meluas menjadi berkat dengan berbagai konten yang ada.

Hanna Marietta

Acara ini menarik bagi yang mau belajar dan berbagi ilmu. Sebab banyak peserta yang bisa membantu memberikan ilmu baru serta berdiskusi untuk membuat suatu proyek.

Jhim Riss

Kesan saya selama mengikuti gotong Royong di acara #unHACK 2023 ini sungguh sangat luar biasa. Walaupun saya terkendala di penggunaan AI, tentang bagaimana penggunaannya, tetapi semuanya dapat berjalan dengan baik. Walaupun hasil dari pekerjaan saya kurang sesuai, tetapi itulah saya tetap mengerjakan bagian saya dengan sebaik-baiknya. Pesan saya, semoga Lembaga SABDA lebih baik lagi ke depan dalam menjangkau jiwa-jiwa, khususnya secara khusus bagi mereka yang belum sama sekali memahami apa itu AI. Sehingga lewat mereka, AI dalam digunakan dengan baik untuk kemuliaan nama Tuhan itu sendiri. Akhir kata, Selamat Ulang Tahun SABDA Ke-29. Tuhan Yesus memberkati. Maju terus, pantang mundur dalam misi pekerjaan Tuhan.

Feronica

Dalam #unHACK 2023 ini sungguh sangat luar biasa. Dapat mengingatkan kembali akan bicara dalam bahasa suku (suku Jawa) dan firman yang dibagikan dapat menambah iman percaya kepada Tuhan Yesus, menguatkan, dan memberkati.

Marganda Kristianto Purba

Kesan saya seru sekali karena bisa belajar bersama dalam membuat sesuatu yang berguna untuk kemuliaan Tuhan. Pesan untuk teman-teman yang ikut bergotong royong, kita bertemu lagi di tahun depan dengan acara ini dalam bentuk yang berbeda.

Indar Sugiarto

Kesan saya bahwa kegiatan #unHACK 2023 ini cukup menarik. Untuk kategori yang saya ikuti (AI Labs), sayangnya tidak banyak peminatnya (mungkin karena cukup kental nuansa teknisnya).

Andhy Dharmadji

Luar biasa semangat peserta dalam berkarya dengan tools AI, tetapi perlu lebih diarahkan dari sisi content + QC.

Lussi Runkat

Awal mula dimasukkan grup MMS, sebenarnya saya merasa kurang percaya diri. Di mana saya mendapat tugas ASR, yaitu audio (bahasa Jawa) diubah menjadi teks (bahasa Jawa). Namun, setelah menjalankan tugas, saya jadi menyadari:
1. Rupanya AI tidak bisa membedakan suara manusia dari suara alat musik (gamelan Jawa). Sementara telinga saya yang sudah mulai menua ini, bisa mengenali perbedaannya dengan jelas sekali.
AI mudah sekali menyerah, saat menemukan nada suara yang tidak dimengerti, dalam hitungan detik muncul kata 'error' lalu mandek. Sementara saya (seperti kebanyakan emak-emak pada umumnya) menolak menyerah dan tetap berusaha mencari cara untuk menyelesaikan setiap tugas yang ada. Dari pengalaman ini, saya mendapat kesan bahwa AI tetaplah AI. AI (Artificial Intelligence) buatan manusia adalah mesin yang terbatas, karena penciptanya adalah manusia dengan segala keterbatasannya. Sementara manusia adalah AI (Authentic Intelligence) buatan tangan Allah yang Maha Sempurna dan Mahakuasa. Kita patut bangga menjadi AI nya Raja Surgawi - Authentic Intelligence.

Ruth Evyana

Ini pengalaman yang menyenangkan.

Jap Yudha Cufanita

Jangan setahun sekali dong.

Rohana Purnama

Pastinya cukup banyak menggunakan waktu di tengah kesibukan.

Fredy Julius Pardamean

Kegiatan bergotong royong di acara #unHACK 2023 ini sangat menarik. Berharap kedepannya ada pengarahan dan pembagian tugas yang jelas. Terima kasih.

Debora Rina Trisnowati

Saya terkesan dengan kegiatan ini. Banyak pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan melengkapi dasar teknologi yang sudah saya dapatkan saat kursus komputer dulu tahun 2002. Sekarang berkembang sangat pesat dengan AI melampaui daya pikir dan pengetahuan yang saya bayangkan. Hanya saja, di sini Tuhan Yesus pegang kendali untuk dipakai yang baik maupun jahat. Tetap sebarkan kebaikan dan firman Tuhan, percaya saja rencana-Nya sempurna untuk masing-masing dari kita yang dipakai oleh-Nya. Jesus Bless you staf SABDA and thank you all.

Rospita Sinaga

Panitia Yayasan SABDA terima kasih karena aktif mengingatkan tugas gotong royong.

Christian Sen

Mencerahkan dan menambah pengetahuan.

Rossa M.M Latumahina

Kesan:
1. Belajar menggunakan aplikasi baru (capcut) untuk menolong menampilkan subtitle secara otomatis pada video.
2. Lewat tugas cut video dan evaluasi yang diberikan tim QC (pada video pertama), secara tidak langsung merupakan jawaban doa (solusi) buat pergumulan pelayanan di tempat saya melayani.
3. Selama seminggu saya belajar mengingatkan diri sendiri untuk bijak menggunakan AI secara bijak. Seperti hasil kerja (subtitle) yang ditampilkan AI tetap harus dicek kata per kata atau kalimat per kalimat (terdapat penulisan kata yang tidak sama dengan yang ada di video).
Diberkati dengan kreativitas, hasil kerja, dan semangat teman-teman sekelompok. Serta kesetiaan rekan-rekan SABDA yang mau berbagi juga menolong selama #unHACK berlangsung.

Tony Eko Ariyanto

Banyak jemaat yang antusias menolong dengan gotong royong.

Probo Wicaksono

Seru dan menginspirasi.

Heritriono Jap

Kesannya sangat seru untuk bertemu dan kerja sama dengan orang-orang yang ahli pada bidangnya.

Rini Wijaya

Anggota penuh antusias dan semangat mau bergotong royong.

Linawati

Terima kasih tim SABDA yang sudah berjerih payah mengorganisir #unHACK 2023. Tuhan Yesus memberkati berlimpah-limpah.

Daniel Fernando

Tim kerja yang luar biasa, gerak cepat, dan terbuka dengan teknologi sehingga kerjasama lebih mulus.

Nugroho Ishak Yuwono

Acara #unHACK 2023 sangat menginspirasi saya untuk melakukan hal yang lebih untuk pelayanan menggunakan AI.

Abigail Lisu Bakkula

Luar biasa bisa bekerja bersama-sama dengan seluruh tim SABDA (yang selama ini hanya bisa menikmati hasil kerja mereka lewat semua program SABDA). Begitu juga dengan rekan-rekan #unHACK lainnya. Tetap semangat semua tim SABDA.

Harming

Kesan saya sungguh indah bisa bekerjasama tim meskipun belum kenal, tapi dalam pelayanan bisa gotong royong.

Agus Tri Andri

Yang bikin saya amaze adalah bagaimana dengan kesibukan masing-masing masih antusias mengerjakan tugas, karena didorong oleh semangat kesatuan untuk pekerjaan Tuhan.

Marlyna

Luar biasa sekali SABDA mengadakan acara ini. Kita yang dilibatkan merasa sangat terberkati. Semoga kegiatan seperti ini akan tetap diadakan.

Melina

Belajar pakai hugingface.co/spaces/mms-meta/MMS. Menyenangkan juga.

Brenda Elizabeth Dominique

Saya sangat bersukacita walaupun awal-awalnya merasa bingung apa yang harus dilakukan. Kegiatan gotong royong ini sangat bagus, selain sarana untuk belajar bersama pemanfaatan/penggunaan AI, juga ada hasil yang dibuat bersama-sama. Kiranya acara #unHACK 2023 ini dapat berdampak dalam pelayanan kita dan untuk kemuliaan nama-Nya.

Indah

Saya sangat senang walau sedikit capek karena banyak tugas yang harus dikerjakan dan dipelajari. Terlebih belajar tentang bahasa apalagi bahasa Jawa yang beberapa perlu ketelitian dan pemahaman.

Deddy P. Widjaja

Cukup berkesan dalam menambah wawasan tentang AI yang sebelumnya belum atau tidak diketahui terutama cara membuat prompt yg baik.

Winston Hariyanto

Sangat bersyukur, dari awal hingga penutupan bisa bekerja sama baik dengan antar PJ, admin, dan staf yang membantu di MMS, dan juga para peserta yang sangat antusias dalam mengerjakan.

Askar Wirawan

Program yang sangat bagus.

Amadeo Joshua G.T

Saya jadi bisa termotivasi dan menjadi optimis dengan AI (karena sebelumnya saya sangat pesimis dengan AI), dan akhirnya saya dapat mengembangkan skill dengan menggunakan AI.

Mansyur

Di dalam saya mengikuti gotong royong awalnya bingung dan kesulitan karena pakai HP. Namun, setelah hari kedua, saya merasa diberkati karena teksnya benar-benar saya perhatikan dan simak. Puji Tuhan akhirnya saya merasa terbeban untuk menyelesaikannya. Hanya saja sedikit sedih tidak dapat bahasa suku saya.

Eddy Yonathan

Hal yg baru mengesankan.

Agus Setianto

Tambah pengalaman bergotong royong.

Timothy Wenas, S.Kom.

Peran kerja dan pengarahan AI untuk penyebaran sabda Tuhan bisa diarahkan dalam pelayanan sesama.

Pridianto

Kesan saya terberkati sekali, karena ada sukacita tersendiri mendapat keluarga baru, mendapat ilmu baru, dilatih lebih komitmen, dan disiplin terlebih di dalam konteks melayani pekerjaan Tuhan. Pesan saya tidak ada, hanya permohonan maaf kepada kakak-kakak PJ atas keterlambatan saya dalam mengumpulkan tugas-tugas.

Adi Sutrisno

Kesan pesan saya: tim SABDA luar biasa dalam membantu dan memotivasi peserta dalam menyelesaikan tugasnya. Thanks a lot, tim SABDA. Wish you all the best and GBU all the time.

Mariano Nathanael

Sangat luar biasa antusias para peserta untuk bergotong royong.

Severa Kirandra S

Tujuannya baik dan salut untuk ide proyek AI-4-GOD!. Salut untuk semua panitia dan staf SABDA. GBU all.

Ricky Sutisna Benyamin

Menyenangkan dan maju terus.

Telah dilaksanakan!

Dalam rangka ulang tahun Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) yang ke-29 pada Oktober 2023, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) telah mengadakan event #unHACK2023 -- AI: Building The Future. Acara ini diselenggarakan bagi semua anak Tuhan (hamba Tuhan, aktivis pelayanan, programmer, designer, media specialis, content creator, dll..) untuk bergotong-royong membangun bersama AI-4-GOD "Christian Resources Center" untuk Indonesia (Gereja, Pelayanan, dan Misi untuk orang Kristen.)