FAQ #unHACK 2023 "Gotong Royong AI-4-GOD!"

1. Apa itu #unHACK 2023 "Gotong Royong AI-4-GOD!"?

#unHACK 2023 Gotong Royong AI-4-GOD! adalah acara KOLABORASI KERJA BARENG online bersama sahabat dan mitra Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk membangun "AI Christian Resources Center Indonesia".

2. Apa tujuan #unHACK 2023?

Dengan tema "Building the Future!", #unHACK 2023 rindu mengajak sahabat dan mitra YLSA memanfaatkan kesempatan/peluang perkembangan teknologi AI dengan membangun "AI Christian Resources Center Indonesia" yang akan menjadi pusat AI Kristen Indonesia untuk dipakai memajukan pelayanan dan masa depan Tubuh Kristus (Gereja) di Indonesia.

3. Siapa penyelenggara #unHACK 2023?

Penyelenggara #unHACK 2023 adalah Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) bekerja sama dengan para sahabat dan mitra SABDA.

4. Kapan pelaksanaannya?

Kegiatan Gotong Royong AI-4-GOD! ini diselenggarakan selama 1 minggu, 13 - 21 Oktober 2023. Dengan jadwal kerja sebagai berikut:

  • Jumat, 13 Oktober 2023: Pembukaan #unHACK 2023 (19.00 WIB - selesai). Acara: Perkenalan, pembagian tugas, dan langkah-langkah pelaksanaan Gotong Royong AI-4-GOD!.
  • Sabtu, 14 Oktober 2023: Gotong Royong (09.00 - 12.00 WIB) Acara: Workshop AI + Gotong Royong AI-4-GOD!.
  • Senin (08.00 WIB) - Sabtu (15.00 WIB), 16 - 21 Oktober 2023: Gotong Royong. Acara: selama seminggu bergotong royong membangun bersama AI-4-GOD! "AI Christian Resources Center untuk Indonesia" untuk melayani Tubuh Kristus (Gereja) dalam memajukan berbagai bidang pelayanan (misi, konseling, kepemimpinan, literatur, dll.)
    Panduan: codeforgod.org/unhack/2023/panduan.
  • Sabtu, 21 Oktober 2023: Penutupan [15.00 WIB - selesai] Acara: Presentasi hasil gotong royong, evaluasi hasil, dan penutupan #unHACK 2023. Untuk informasi lebih lengkap, simak Kalender SABDA Oktober 2023.
5. Siapa saja yang boleh ikut #unHACK 2023?

Setiap orang Kristen atau komunitas orang Kristen diundang untuk ikut, terutama mereka yang memiliki:

  • hati yang melayani, rindu berbagi talenta, suka berkomunitas, dan berkolaborasi demi kemajuan pelayanan Tuhan,
  • keterampilan menulis, menggambar/mendesain, programming (web/mobile/dll.), audio/video editing (media), dsb.,
  • kerinduan memanfaatkan AI untuk kemajuan masa depan pelayanan Tuhan di Indonesia.
6. Di mana #unHACK 2023 diselenggarakan?

Acara ini diadakan secara online. Untuk itu peserta wajib mendaftarkan diri agar dapat dikoordinasi dengan baik. Sementara itu, staf SABDA juga akan mengikutinya secara on site maupun online (hybrid).

7. Kegiatan apa saja yang dilakukan selama #unHACK 1 minggu itu?

Untuk membangun "AI Christian Resources Center untuk Indonesia", peserta akan dibagi dalam kelompok sesuai dengan 4 kategori kolaborasi, yaitu :

  • AI Content/Media: Membuat konten-konten dari hasil memakai alat AI, seperti e-book digital, infografik, animasi, video pendek/panjang, atau karya literatur/media kreatif (drama, lirik dan lagu, cerita pendek, dsb..)
  • AI Academy: Membuat dan mengumpulkan berbagai tutorial atau bahan edukasi untuk membantu orang Kristen belajar menggunakan AI untuk pekerjaan Tuhan.
  • AI Labs: Membuat proyek-proyek kecil terkait AI dan pelayanan. Hasil akhir bisa berupa prototype, ide yang sudah dicoba, coding, media, dsb..
  • MMS Bahasa Suku: Bersama tim SABDA, akan memproses audio Alkitab atau bahan kekristenan dalam bahasa suku dengan AI (MMS). Syarat minimal adalah peserta punya kecintaan terhadap bahasa suku (keterampilan memakai salah satu bahasa suku).
8. Bagaimana saya dapat bergabung?

Anda wajib mendaftarkan diri dengan mengisi form di: bit.ly/form-unhack. Panitia #unHACK 2023 akan menindaklanjuti formulir yang Anda isi tersebut agar Anda dapat bergabung dalam kelompok-kelompok kerja. Jelajahi situs #unHACK 2023 untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar #unHACK 2023.

9. Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk #unHACK 2023 ini?
  • Memberikan komitmen waktu untuk mengikuti pengarahan via Zoom dan membuat block time setiap hari selama 1 minggu untuk mengerjakan proyek yang dipilih dan memberikan laporan hasil kerja setiap hari hingga selesai.
  • Perlu menyediakan komputer/laptop/handphone untuk mengerjakan proyek.
  • Akun email.
  • Sudah pernah mencoba menggunakan AI.
  • Bersedia aktif berkomunikasi dengan panitia dan peserta lain selama kegiatan #unHACK 2023 berlangsung.
10. Di mana saya bisa mendapatkan informasi lengkap seputar #unHACK 2023?

Silakan kunjungi: #unHACK 2023. Atau, kontak no. WA panitia di: 0821-3313-3315 atau 0881-2979-100

11. Apakah #unHACK akan diadakan lagi tahun depan?

Jika Tuhan menghendaki, Yayasan Lembaga SABDA akan mengadakan #unHACK (atau sejenisnya) setiap tahun.

Telah dilaksanakan!

Dalam rangka ulang tahun Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) yang ke-29 pada Oktober 2023, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) telah mengadakan event #unHACK2023 -- AI: Building The Future. Acara ini diselenggarakan bagi semua anak Tuhan (hamba Tuhan, aktivis pelayanan, programmer, designer, media specialis, content creator, dll..) untuk bergotong-royong membangun bersama AI-4-GOD "Christian Resources Center" untuk Indonesia (Gereja, Pelayanan, dan Misi untuk orang Kristen.)