Apa yang dimaksud Hackathon?
Hackathon adalah suatu kegiatan yang biasanya diselenggarakan oleh perusahaan/organisasi yang bergerak dalam bidang teknologi untuk mengumpulkan banyak programmer komputer atau mereka yang terlibat dalam pengembangan software (termasuk graphic designer, interface designer, project manager, domain expert, dll.) untuk dalam waktu yang pendek (satu weekend) berkolaborasi secara marathon (kalau perlu tanpa tidur) menyelesaikan suatu proyek software bersama.
                    
Apa itu #CodeForGOD?
#CodeForGOD adalah kegiatan Hackathon Virtual untuk Indonesia yang mengumpulkan para programmer Kristen atau komunitas Kristen penggiat teknologi untuk dalam waktu 48 jam berkolaborasi secara intensif menyelesaikan sejumlah proyek kreatif dan inovatif yang bermanfaat bagi kemajuan Kerajaan Allah di Indonesia.
                    
Siapa penyelenggara #CodeForGOD?
Dengan berpayung Indigitous, #CodeForGOD diselenggarakan oleh YLSA/SABDA dan para mitra.
Siapa peserta #CodeForGOD?
Para programmer Kristen dan komunitas Kristen penggiat teknologi, termasuk software developer, graphic designer, interface designer, project manager, media expert, content creator, dll. dari berbagai penjuru Indonesia.
                    
Apa tujuan Hackathon?
Tujuan diadakannya hackathon adalah untuk sekelompok programmer dapat saling bekerja sama mengerjakan suatu proyek kolaboratif. Kebanyakan hackathon merupakan suatu kompetisi tempat beberapa tim saling bersaing untuk menciptakan prototipe yang diinovasikan dari suatu tema atau meningkatkan suatu proyek yang sudah ada sebelumnya.
                    
Apakah Hackathon itu berguna?
Hackathon merupakan ajang pengujian ide-ide baru. Kegiatan semacam ini khususnya sangat baik untuk mendorong daya kreatif dan pemecahan masalah yang dimiliki para developer. Tidak seperti pekerjaan harian mereka tempat pengambilan risiko sering kali tidak disetujui, dalam suatu hackathon, kegagalan merupakan hal yang lebih mudah diterima.
                    
Apa saja yang terjadi dalam suatu Hackathon?
Kami mendefinisikan hackathon sebagai suatu kegiatan yang menguji ketahanan tubuh dan pikiran, tempat orang-orang luar biasa brilian dari segala lapisan masyarakat berkumpul untuk menciptakan suatu ide, lalu menjadikannya suatu produk atau prototipe hebat dalam waktu yang singkat dan intens. Jadi, jika Anda tertarik dengan itu, boom! Anda berada di tempat yang tepat!

Codeathon (atau Hackathon) adalah suatu kegiatan untuk para coder dan segala jenis ahli dapat bekerja secara kolaboratif dalam pengembangan perangkat lunak. Sesederhana itu! Hasilnya biasanya adalah situs web, aplikasi, ataupun robot yang sesuai dengan kebutuhan tertentu.

Ideathon merupakan pengalaman sejenis loka karya yang singkat dan intensif bagi siswa untuk menanggapi beberapa tantangan yang paling menekan pada masa kini. Setiap peserta bekerja dalam tim dan menggunakan praktik-praktik pemikiran desain dan pembelajaran inovatif untuk mengideasikan dan berkolaborasi dalam penyusunan solusi-solusi yang dimungkinkan.

Ide = Suatu masalah yang terdefinisi dengan jelas + Cara kita mengatasinya.
[Ingat, pola pikir yang berfokus: kerucutkan suatu tantangan menjadi satu permasalahan yang mendasar, lalu cari solusinya.]
                    
Seberapa pentingkah programming dalam suatu Hackathon?
Hackathon bukan hanya tentang programming, tetapi juga ide dan pendekatan Anda untuk menyelesaikan suatu masalah, perencanaan produknya, pitch/presentasinya, dan banyak lagi. Setiap tim memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi kreatif dan inovatif.
                    
Apakah Hackathon hanya diperuntukkan bagi programmer?
Anda tidak perlu menjadi seorang programmer untuk unggul dalam suatu hackathon. Tentu saja, pengalaman mengembangkan perangkat lunak sangatlah menambah nilai, tetapi ada banyak hal lain yang diperlukan dalam suatu proyek selain kode!
                    
Apa saja contoh ide Hackathon yang kreatif?
Berikut ini beberapa ide untuk hackathon pelayanan:
- Pemrosesan data untuk Pelayanan. ...
- Asisten gereja virtual. ...
- Dukungan untuk pelayanan/misi di tempat terpencil. ...
- Program atau sumber daya bagi orang Kristen di daerah pedesaan. ...
- Alat untuk memantau / menindaklanjuti penjangkauan. ...
- Komunikasi Gereja dan Komunikasi yang lebih baik.
                    
Apakah Hackathon itu menyenangkan?
Hackathon kedengaran seram, tetapi sebenarnya itu merupakan kegiatan yang menyenangkan tempat Anda bisa belajar bagaimana cara menciptakan teknologi yang keren. Hackathon merupakan festival yang diadakan sepanjang akhir pekan. Kegiatan semacam itu diadakan di suatu tempat (bisa juga virtual/online) tempat Anda bisa berjumpa dengan orang-orang yang memiliki pemikiran yang sama, belajar hal-hal baru, membuat tim, dan menciptakan teknologi yang keren.

Ya, bersenang-senanglah!

Hackathon merupakan suatu kompetisi dan kesempatan potensial yang besar bari Anda untuk belajar hal baru, tetapi ingatlah untuk bersenang-senang. Jangan tekan diri Anda sendiri, menjadi stres, ataupun mengkhawatirkan hasil akhirnya jika Anda tidak menang ataupun mencapai tujuan Anda. Hackathon merupakan pengalaman belajar yang hebat, dan merupakan peluang yang bagus untuk bereksperimen dan bertemu orang-orang yang menarik. Sebisa mungkin bersenang-senanglah, usahakan yang terbaik, dan ambil sebanyak mungkin hal positif dari seluruh pengalaman tersebut.
                    
Apakah Hackathon itu layak diperjuangkan?
Hackathon tidaklah buruk. Bagi para developer, hackathon menyediakan cara yang baik untuk menjalin relasi, belajar dalam lingkungan tim (khususnya jika Anda punya teman seanggota tim yang lebih senior), dan secara umum mendapatkan pengalaman dari sabuk pepatah. Bagi Anda yang mampu bekerja di bawah tekanan, ini juga bisa menjadi menyenangkan!
                    
Mengapa Anda ingin bergabung dengan Hackathon INI?
#CodeForGOD menawarkan kesempatan bagi orang percaya untuk berbagi visi, berkumpul dan belajar dari kesuksesan dan kegagalan satu sama lain. Orang-orang Kristen yang bervisi IT4God bisa bertemu dan berkolaborasi, menyelesaikan beragam masalah, berbagi keterampilan, dan saling menolong dalam menciptakan solusi-solusi yang lebih baik!
                    
Apa manfaat mengikuti Hackathon INI bagi saya?
1. Memamerkan/Menggunakan keterampilan Anda (Talenta/Hasrat)
2. Belajar tentang Teknologi + Pelayanan (Keterampilan/Pengetahuan Baru)
3. Berbagi Ide + Visi (Kreativitas/Inovasi)
4. Menantang diri sendiri (Kerja dalam Tim/Kebergunaan)
5. Berkolaborasi di bawah tekanan (Pemecahan masalah)
6. Melayani orang lain (Kehambaan/Pelayanan Digital)
7. Membangun berasma (Teman/Komunitas/Proyek yang menyenangkan)
Temukan berbagai peluang dan kesempatan dalam #CodeForGOD!

                    
Mengapa kegiatan ini disebut Hackathon?
Etimologi:: Kata "hackathon" merupakan gabungan dari kata "hack" dan "marathon". "Hack" di sini digunakan dalam artian programming yang bersifat penyelidikan (bukan makna alternatifnya yang merujuk ke peretasan keamanan komputer atau crack-ing).

                    
Apakah semua Hackathon itu sama?
Ada banyak jenis dan variasi kegiatan hackathon. Kegiatan-kegiatan semacam itu biasanya memiliki tema, mulai dari yang sangat umum, seperti meningkatkan komunitas, hingga yang khusus, seperti menyelesaikan permasalahan pengiriman spesifik yang dihadapi oleh suatu perusahaan. Kegiatan-kegiatan hackathon lainnya bervariasi, baik dalam jenis tantangannya maupun dalam pilihan track yang disediakan. Beberapa hackathon bersifat tertutup, diselenggarakan hanya untuk anggota dari suatu organisasi, sementara beberapa yang lainnya terbuka untuk semua orang. Beberapa hackathon berfokus pada profitabilitas dari suatu ide dan implementasinya, dengan tim-tim memenangkan sokongan dari penanam modal, dan beberapa yang lain berfokus hanya pada ide dan imajinasi dari para pesertanya. Beberapa berdurasi pendek, beberapa yang lain berdurasi panjang, dan kini, beberapa bahkan dilakukan secara virtual dan online.

Menimbang semuanya, hackathon merupakan Disneyland bagi seorang developer.

                    
Apa saja pertanyaan yang perlu saya tanyakan?
Di mana? -- Kapan? -- Mengapa? -- Apa itu hackathon? -- Berapa biayanya? -- Bagaimana pendaftarannya? -- Mengapa saya perlu bergabung? -- Seperti apa proses pendaftarannya? -- Apa saya syaratnya? -- Apa yang perlu saya bawa? -- Apa saja dukungan yang ditawarkan di sana? -- Apa saja bahasa pemrograman dan platform yang akan dipakai? -- Bagaimana dengan pembentukan timnya? -- Bagaimana cara kerja hackathon ini? -- Apa saja tantangannya? -- Bagaimana jika saya tidak bisa membuat program? -- Bagaimana sesuatu bisa dianggap sebagai prototipe? -- Apa yang bisa saya menangkan? -- Apa itu Hackathon Kristen?

                    
Apa syaratnya?
Mungkin Anda adalah seorang programmer, developer, desainer, pemasar media sosial, spesialis media, ataupun dari latar belakang atau bidang ilmu teknologi lainnya. Satu-satunya syarat untuk mengikuti #CodeForGOD adalah kasih akan Allah dan motivasi Anda untuk memecahkan masalah dan membuat prototipe/proposal yang dapat dieksekusi dalam waktu 48 jam bersama-sama dengan banyak tim yang terdiri dari orang-orang percaya bervisi IT4God dari seluruh penjuru Indonesia. Kami ingin Anda, dalam iman, pergi melampaui batas-batas kapasitas Anda sendiri menuju kapasitas-Nya, dan menemukan berbagai keterampilan dan horizon baru.

                    
Apa yang perlu saya kenakan saat menghadiri hackathon (virtual)?
Kenakanlah pakaian yang kasual dan nyaman. Jika Anda lebih suka mengenakan setelan mewah, silakan saja, tetapi ingat, Anda akan menggaruk kepala Anda karena banyak hal dalam beberapa jam tanpa tidur selanjutnya, jadi usahakanlah agar Anda senyaman mungkin. Tentunya Anda tidak ingin menggaruk bagian-bagian tubuh Anda yang lain karena pakaian yang kurang nyaman. Anda tidak perlu berusaha terlihat cantik/tampan -- make-up dan semprotan rambut tidak diharuskan, kenyamanan pribadi Andalah yang diutamakan.

                    
Bagaimana Anda mendekati hackathon?
Berikut ini tujuan-tujuan yang perlu selalu diingat:
-> Menguatkan komunitas tempat hackathon ini diperuntukkan.
-> Menyambut para pendatang baru ke dalam komunitas.
-> Menyediakan kesempatan bagi para peserta untuk belajar hal baru.
-> Menyediakan ruang dan waktu bagi para peserta untuk membuat kemajuan pada permasalahan yang mereka minati.

                    
Bagaimana saya memulai hackathon?
Anda akan menemukan beberapa tip/trik yang sederhana ditawarkan di sini.
-> Ketahui tujuan Anda. Ada banyak cara yang baik untuk menggunakan hackathon. ...
-> Bangun sebuah tim. Anda akan lebih memegang kendala atas pengalaman Anda di hackathon jika Anda datang bersama tim yang sudah dibentuk sebelumnya. ...
-> Pilih proyek Anda. ...
-> Diperlukan (setidaknya) seminggu untuk bersiap. ...
-> Timebox. ...
-> Berjaga-jagalah.

                    
Bagaimana saya bisa bersiap untuk hackathon?
-> Siapkan ide Anda: Pikirkan, uraikan, rencanakan. ...
-> Pilih tim yang tepat: Hackathon yang panjang cenderung menjadi permainan tim. ...
-> Kenali proyek open-source mana saja yang dapat menolong Anda, dan ketahui cara menggunakannya. ...
-> Siapkan mesin dan sumber-sumber data Anda. ...
-> Siapkan alat-alat produktivitas yang sesuai dengan ide Anda.

                    
Bagaimana memenangkan hackathon?
Lakukan:
- Berfokuslah pada MVP: Minimum Viable Product. [Ide + Solusi yang realistis]
- Pecah tugas-tugas Anda menjadi beberapa kemungkinan versi/tahap/modularitas.
- Jika aturannya mengizinkan, kerjakan desain app Anda sebelum hackathon. ...
- Gunakan frameworks dan libraries. [Jangan memulai/menciptakan dari awal sama sekali.]
- Berfokuslah pada kriteria penjurian: para juri memiliki kartu skor, jadi selalu ingat itu.
- Kerja sama tim, komunikasi/koordinasi, dan inovasi yang berani.

Ada dua pertanyaan penting yang perlu Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri sambil bersiap:
- Permasalahan apa yang akan Anda kerjakan dan bagaimana Anda akan memecahkannya?
- Pitch seperti apa yang akan Anda sampaikan di hadapan para juri?

Sebagai tambahan, ada dua hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat waktu dan mempermudah hidup Anda saat tiba waktunya untuk mengembangkan solusi dan prototipe Anda:
- Pelajari teknologinya di muka.
- Buatlah maket dan wireframe yang akan Anda gunakan di muka.

                    
Seperti apakah proyek yang baik itu?
Proyek/Produk yang baik untuk hackathon mencoba mencapai dan melampaui batasan apa yang dimungkinkan dengan inovasi dan kecerdasan. Meski Anda perlu berfokus pada satu masalah, jangan batasi imajinasi atau kreativitas Anda. Batasnya adalah langit itu sendiri. Jadi, pukau para juri dengan ide-ide baru yang membawa teknologi dan solusi mereka ke tingkat-tingkat yang benar-benar baru.

                    
Bagaimana saya mengatasi masalah-masalah dalam hackathon?
Sangat penting untuk berbicara kepada orang-orang di sekitar Anda. Berbicaralah kepada orang-orang yang berpotensi menjadi pengguna akhir dari produk yang Anda kerjakan dan pahamilah poin-poin yang menjadi kesulitan mereka. Berbicaralah kepada para juri dan mentor, dan pahamilah apa yang mereka cari. Berbicaralah kepada tim-tim lain dan pelajarilah tentang berbagai masalah yang mereka hadapi, berbagai API keren yang mereka pakai, dsb..

                    
Bagaimana caranya berfokus? Pesan penting apakah yang hendak Anda sampaikan kepada panel juri Anda? Bagaimana Anda menyampaikan pesan tersebut dengan cara yang sederhana, tetapi berdampak?
Berfokus pada ide Anda, lalu menyampaikan pesan pentingnya merupakan hal yang lebih kuat untuk dilakukan daripada mencoba membuat para juri terkesan dengan hal-hal lainnya. Anda tidak melakukan pitching untuk suatu perusahaan rintisan, melainkan untuk satu fitur atau solusi manjur untuk mengatasi suatu masalah. // Jadi, kuncinya adalah menanyakan satu pertanyaan besar kepada diri Anda sendiri: Apa yang menjadi INTI dari masalah Anda dan INTI dari solusi Anda? Itulah yang perlu menjadi pandu Anda dalam bagaimana menyampaikannya kepada para juri. [Anda hanya punya waktu yang sangat singkat untuk menulis kode dan mempresentasikannya, jadi jangan buang-buang waktu. Langsunglah ke intinya dan berfokuslah hanya pada elemen-elemen yang menambah nilai pada pitching Anda.]

                    
Informasi lain
Atur kriteria penjurian dan pilih para juri Anda

Anda harus dapat mendefinisikan dengan jelas apa yang ingin dicapai lewat hackathon Anda. Ini tidak hanya akan menolong Anda memasarkan acara Anda, tetapi juga menolong Anda menetapkan aturan-aturan main dan kriteria penjuriannya. Para peserta perlu memahami betul apa yang akan Anda dan juri-juri Anda cari untuk menentukan pemenangnya. Beberapa kriteria yang mungkin perlu Anda pertimbangkan, di antaranya:

- Inovasi. Seberapa kreatifkah solusi yang dipresentasikan? Apakah itu mewakili pemikiran di luar kotak?
- Pencapaian teknis. Permasalahan teknis apakah yang harus diatasi untuk menciptakan produk ini?
- Penerapan. Dampak seperti apakah yang akan dibuat oleh solusi yang dipresentasikan?

Jumlah juri yang akan Anda punya tergantung pada seberapa besar hackathon Anda, tetapi tiga atau lima orang adalah jumlah yang baik untuk memulai. Bertanyalah kepada orang-orang di luar perusahaan Anda untuk bergabung dalam panel juri; mereka bisa saja berasal dari perusahaan-perusahaan yang menyokong acara ini atau dari kantor pemerintah setempat. Berikan instruksi yang jelas kepada para juri, dan pastikan mereka tiba di acara tersebut setidaknya setengah jam sebelum penjurian dimulai sehingga Anda bisa menjelaskan bagaimana mereka bisa menjalankan tanggung jawab mereka.

                    
Menanamkan Proyek yang Baik
Tidak semua proyek bisa menjadi proyek hackathon yang baik. Sangatlah penting untuk memaksimalkan kualitas-kualitas berikut dalam proyek-proyek dalam acara Anda:

- Dinyatakan dengan jelas. Setiap proyek harus memiliki pertanyaan atau permasalahan yang jelas yang ingin dipecahkan, ditambah dengan usulan solusi yang cukup spesifik.
- Bisa dicapai. Kebanyakan proyek akan mencapai sekitar 25% dari apa yang mereka kira dapat mereka capai dalam waktu terbatas yang mereka miliki. Kelola tujuan dari setiap project sehingga peserta dapat merasa berhasil pada akhir sesi, bukannya merasa terinterupsi.
- Mudah bagi para pemula yang ikut berpartisipasi. Setiap proyek harus memiliki tugas-tugas yang siap dikerjakan untuk para pemula yang memiliki keterampilan yang bervariasi dalam tingkatan yang berbeda-beda. Untuk proyek-proyek coding, tugas-tugas ini tidak boleh menuntut pemahaman mendalam tentang basis kode yang digunakan, lalu pastikan bahwa build environment yang akan digunakan bisa diatur dalam kurang dari 20 menit. Buatlah daftar tugas atau github issues di muka!
- Dipimpin oleh seorang pemangku kepentingan. Seorang pemangku kepentingan (atau "ahli bidang") akan menuntun suatu proyek ke arah relevansi dalam dunia nyata. Proyek tanpa pemangku kepentingan dapat "mengatasi" suatu masalah yang tidak ada. Idealnya, pemimpin proyek (atau salah satu dari para pemimpinnya) adalah seorang pemangku kepentingan, atau merupakan perantara yang baik yang mewakili pemangku kepentingan. Saya sangat menyarankan seri Laurenellen McCann's Build With, Not For (Membangun "Bersama", Bukan "Untuk" oleh Laurenellen McCann) tentang melibatkan para pemangku kepentingan dalam segala pekerjaan teknologi sipil. Sebagai tambahan, bagi seorang pemimpin proyek, menjadi orang yang penuh ide tidak pernah cukup. Waspadalah apabila pemimpin proyek merupakan seorang pemangku kepentingan, tetapi tidak dapat melihat ke depan tentang bagaimana dia bisa menerapkan bersama seluruh anggota tim.
- Terorganisasi. Untuk proyek-proyek dengan empat anggota atau lebih, khususnya pemula, peranan pemimpin proyek seharusnya adalah untuk mengoordinasi, memastikan bahwa setiap anggota tim punya sesuatu untuk dikerjakan serta menolong menyambut anggota-anggota baru dalam tim.

Perlakukan poin-poin ini seperti suatu daftar periksa. Proyek yang mampu memenuhi kualitas-kualitas ini cenderung menjadi proyek yang lebih menyenangkan dan lebih produktif.

Jika Anda tahu proyek-proyek apa saja yang akan dikerjakan dalam acara hackathon, semakin dini Anda bisa membuat proyek-proyek tersebut memikirkan tentang hal-hal ini, semakin baik. Temui para pemimpin proyek dan bicarakan tentang komponen-komponen ini dalam proyek mereka di muka jika itu dimungkinkan. Sebagai seorang penyelenggara, memiliki informasi ini terkait proyek-proyek tersebut bisa juga menolong Anda mengarahkan para peserta ke proyek-proyek yang mereka mungkin akan tertarik untuk mengerjakannya.

                    
Energi yang Positif/Suportif
Hackathon mendapatkan reputasi buruk karena ada beberapa acara hackathon yang strukturnya kompetitif dan tidak sehat, dan yang menetapkan ekspektasi yang tidak realistis. Jangan menyelenggarakan hackathon yang seperti itu, maka Anda akan berada di jalur yang benar. Berikut ini beberapa tujuan yang selalu saya ingat:

- Perkuat komunitas yang untuknya hackathon ini diadakan.
- Bersikaplah ramah terhadap para pendatang baru dalam komunitas.
- Sediakan kesempatan bagi para peserta untuk belajar hal baru.
- Sediakan ruang dan waktu bagi para peserta untuk membuat kemajuan terhadap permasalahan yang mereka minati.

Jangan berharap untuk benar-benar memecahkan suatu masalah pada akhir hackathon. Permasalahan dalam dunia nyata itu sulit! Anggap hackathon sebagai semacam pit stop dalam suatu perjalanan panjang untuk memecahkan suatu masalah, atau sebagai sesi latihan untuk mempersiapkan para peserta untuk memecahkan masalah tersebut.

Karena Anda tidak akan memecahkan masalah, jangan berikan tekanan yang tidak realistis (dan tidak sehat) kepada para peserta Anda. Jangan terjaga sepanjang malam, jangan pompa peserta dengan kafeina, dan jangan memilih pemenang ataupun pecundang. Jangan. Tidak pernah ada bir, kompetisi, ataupun tekanan dalam hal waktu pada acara-acara hackathon saya. Peserta harus datang dengan berenergi dan disambut dengan energi yang positif.

                    
Tip Mempersiapkan acara Hackathon: Logistik
-> Siapkan ide Anda: Pikirkan, uraikan, rencanakan. Ini juga merupakan ujian terhadap kegesitan Anda, segenap keterampilan Anda dalam pengembangan perangkat lunak yang iteratif dan gesit akan diuji. Ketahuilah bahwa hackathon selama 24 jam sama dengan tiga hari kerja di tangan Anda. Itu berat, jadi rancanglah bagaimana cara terbaik untuk memanfaatkannya.
-> Pilih tim yang tepat: Hackathon yang panjang cenderung menjadi permainan tim. Pilih tim Anda dengan bijak. Anda perlu memiliki orang-orang dengan keterampilan yang ditargetkan dan hasrat yang setara, yang kompatibel, tetapi sedikit tumpang tindih. Anda mungkin perlu eksekutif pemasaran atau yang disebut "pemilik produk" dalam tim Anda, kecuali idenya berasal dari domain mereka. Ini bukan konferensi, dan Anda tidak akan mendapatkan stan di sana. Lalu, hasrat. Ya, Anda pastinya tidak ingin anggota tim Anda melompat masuk ke kantung tidur pada pukul 10 hanya untuk bangun pada pukul 6 keesokan harinya.
-> Kenali proyek open-source mana saja yang dapat menolong Anda, dan ketahui cara menggunakannya. Bermain-mainlah dengan mereka. Anda juga bisa mengirim pull request untuk mendapatkan fitur-fitur yang belum ada. Namun, ketahui apa yang akan menolong Anda lebih cepat menyelesaikan proyek Anda, lalu rencanakanlah itu.
-> Siapkan mesin dan sumber-sumber data Anda. Pastinya Anda tidak ingin mengunduh satu server database atau membuat akun penyedia jasa penyimpanan cloud pada hari hackathon.
-> Siapkan alat-alat produktivitas yang sesuai dengan ide Anda. Sebagai contoh, akrabkan diri Anda dengan menggunakan pengelola clipboard; tulis dan simpan script yang praktis untuk mengotomatiskan tugas-tugas yang sederhana, seperti memulai database, meluncurkan shell database, membersihkan tabel, pembuat beragam framework, dsb..

                    
Tip untuk melakukan hacking di hackathon
-> Jangan telan itu mentah-mentah. Jangan meretas perangkat orang lain. Anda bisa dilarang dari gedung, atau lebih buruk.
-> Bagi waktu yang Anda punya seolah waktu-waktu itu adalah hari yang utuh. Empat jam mewakili setengah hari kerja Anda di sana. Lakukanlah diskusi secara rutin.
-> Bagi tugas-tugas yang Anda punya, dan kenali beragam antarmuka tempat tugas-tugas tersebut bertemu.
-> Gunakan sistem-sistem kendali versi secara ekstensif. Jika itu merupakan produk perangkat keras, teruslah mengambil gambar dari segala sudut. Dalam hackathon, saya memilih untuk mengubah cara yang melakukan commit; Biasanya, saya cukup sering melakukan commit, tetapi hanya melakukan push setelah melakukan pembersihan yang diperlukan. Dalam hackathon, saya sangat sering melakukan commit dan push, hampir pada setiap penyelesaian unit. Bukanlah hal yang melebih-lebihkan untuk merekomendasikan agar sistem kendali versi Anda menjadi catatan undo Anda. Ini juga akan menolong tim bersiap untuk peristiwa yang tidak diinginkan seandainya mesin yang Anda pakai memutuskan untuk tidur mendadak selagi Anda sedang mengetik.
-> Larang anggota tim menggunakan headphone. Tidak ada tim tanpa interaksi.
-> Rencanakan istirahat berdurasi panjang yang Anda punya, seperti makan siang, makan malam, dan waktu kudapan agar sesuai dengan diskusi Anda.
-> Sering-seringlah beristirahat dari diskusi, baik secara individu maupun berkelompok, tetapi berdirilah dan berkeliling. Saya banyak minum air, itu memaksa saya lebih sering beristirahat dan juga menolong menghindari masalah kesehatan. Itu juga merupakan ide yang bagus untuk dilakukan dalam kerja harian Anda.
-> Jangan terus-menerus duduk. Berjalanlah, melompatlah, berinteraksi, terus aktif dan sadar.
-> Jika Anda bisa, tidurlah di sela-sela kesibukan Anda. Pastikan saja bahwa Anda mengizinkan rekan-rekan Anda menuangkan sedikit air dari botol ke atas kepala Anda untuk membangunkan Anda, untuk berjaga-jaga. Pastinya Anda tidak ingin ketinggalan semua kesenangan yang terjadi dengan tidur.
-> Kecenderungannya adalah akan ada acara-acara sampingan setiap beberapa jam dalam acara hackathon yang panjang. Berpartisipasilah di sana, berinteraksi dengan orang-orang.
-> Temui orang-orang. Anda akan mendapati banyak dari mereka mengerjakan sesuatu yang mengagumkan. Anda mungkin akan bertemu dengan calon pegawai Anda, atau rekan pendiri, idola Anda, bahkan belahan jiwa Anda, jika Anda sedang mencarinya. Anda tidak pernah tahu. Semua orang yang datang ke hackathon cenderung berada di sana demi hasrat mereka.
-> Bersenang-senanglah. Menang atau kalah, jika Anda tidak bersenang-senang dalam acara tersebut, itu sama saja percuma. Lakukanlah apa yang menjadi kesenangan bagi Anda. Tidak ada yang memaksa Anda mengambil bagian dalam acara apa pun yang ada di sana atau berbicara kepada orang-orang. Jika Anda hanya ingin menulis kode, silakan saja. Namun, nikmatilah 24 jam tersebut -- Anda tidak akan mendapat kesempatan untuk menghadiri platform semacam ini setiap hari.

                    
Tip Setelah Hackathon
-> Tutup semuanya, kemas barang-barang dan kepunyaan Anda -- jangan lupa charger dan alat-alat periferal Anda.
-> Adakan satu pertemuan terakhir, rencanakan apa yang ingin Anda lakukan dengan ide dan kode/produk yang sudah dibuat sejauh ini.
-> Bagi tugas untuk masa depan dan tetapkan linimasanya. Jika Anda meninggalkan acara ini tanpa rencana, dan jika Anda tidak memenangkan hadiahnya, hampir bisa dipastikan bahwa ide Anda tidak akan pernah dikejar lagi lebih jauh.
-> Ketahuilah bahwa apa yang Anda rasakan, sakit-sakit ringan di badan Anda, dan mata Anda yang merah dan mengantuk itu mirip dengan jetlag, jadi obatilah itu dengan tidur pada waktu Anda biasa tidur. Hindarilah tidur tak beraturan di sela-sela hari, dan kembalilah ke rutinitas Anda sesegera mungkin.
-> Tulislah sebuah blog!

                    

What exactly is a Hackathon?
A hackathon is an event, usually hosted by a tech company or organization, where programmers get together for a short period of time to collaborate on a project. The participants work rapidly and often work without sleep to achieve their task, as the events generally only last 24 hours or take place over a weekend.
                    
What is the purpose of a hackathon?
The purpose of a hackathon is a for a group of programmers to work together on a collaborative project. Most hackathons are competitions where several teams are competing to create prototypes that innovate on a theme or improve upon an existing project. A hackathon has plenty of benefits, which I plan to discuss below
                    
Are hackathons useful?
Hackathons are proving grounds for new ideas. They're especially good tools to stimulate the creative and problem-solving juices of developers. Unlike their day jobs where risk-taking may be frowned upon, in a hackathon there is a low cost of failure.
                    
What happens in a hackathon?
We define a hackathon as an endurance event of the mind and the body, with fantastically brilliant people from all walks of life getting together to create an idea and build it into an awesome product or prototype in an intense and short period of time, so if that's something for you, boom you're in the right place!


        A Codeathon (or Hackathon) is an event for coders and all types of professionals to work collaboratively on software development. Simple as that! The results usually end up being websites, apps, or robotics that fit a specific need.

        An Ideathon is a short, intensive, workshop-like experience for students to address some of the most pressing challenges of our time. Participants work in teams and use design thinking and innovative learning practices to ideate and collaborate on possible solutions.

        An idea = A well-defined problem + How you will solve it.
        [Remember, a focused mindset: ruthlessly reduce the challenge down to one fundamental problem and find a solution.]
                    
How important is programming for a Hackathon?
It's not just about programming in a hackathon, but it's also about your idea and approach to solving the problem, the product planning, the pitch/presentation, and so much more. Every team has an equal opportunity to be creative and innovative.
                    
Are hackathons only for coders?
You don't have to be a programmer to kick butt at a hackathon. ... Let me tell you this: you do not have to be a programmer to excel at a hackathon. Sure, development experience is a huge plus, but there's more to a project than just code!

                    
What are some good Hackathon Ideas?
Here are a few ministry hackathon ideas:
          Data processing for Ministry. ...
          Virtual church assistant. ...
          Remote ministry/missions support. ...
          Christian resources/programs in Rural Areas. ...
          Monitoring/Followup for Outreaches. ...
          Improved Church and Ministry Communication.
                    
Are hackathons fun?
Hackathons can sound scary… but really they're fun and relaxed events where you can learn how to create cool technology. Hackathons are weekend-long technology festivals. They're somewhere (virtually/online) where you can meet like-minded people, learn new things, make teams, and create cool technology.

        Yes, Have Fun!
        A hackathon is a competition and a big potential opportunity for you to learn something new, but remember to have fun! Don’t put pressure on yourself, get stressed out, or worry about the results if you don’t accomplish your objective or win. A hackathon is a tremendous learning experience, and it’s a great chance to experiment and meet interesting people. Have the best time you can, make your best effort, and take away all the positives you can from the entire experience.
                    
Are hackathons worth it?
Hackathons aren't bad. ... For developers, hackathons can prove a good way to network, learn in a team environment (especially if you have more senior teammates), and generally get some experience under the proverbial belt. For those who do well under pressure, it's also a good bit of fun!
                    
Why do you want to join =this= hackathon?
#CodeForGOD offers the chance for believers to share in a vision; to come together and learn from each other's successes and failures. ... "IT4God" Christians get to meet and collaborate, solve problems, share skills and help build better solutions !!
                    
What is my benefit in joining =this= hackathon?
1. Showcase/Use Your Skills (Talents/Passion)
        2. Learn About Tech+Ministry (New Skills/Knowledge)
        3. Share Your Ideas+Vision (Creativity/Innovation)
        4. Challenge Yourself (TeamWork/Usefulness)
        5. Collaborate Under Pressure (Problem Solving)
        6. Serve Others (Digital Servanthood/Ministry)
        7. Build Together (Friends/Community/Fun-Projects)
        Discover the possibilities/opportunities of "CodeForGOD" !!
                    
Why is it called Hackathon?
Etymology:: The word "hackathon" is a portmanteau of the words "hack" and "marathon", where "hack" is used in the sense of exploratory programming (not its alternate meaning as a reference to breaching computer security, or crack-ing).
                    
Are all Hackathons alike?
Hackathons types are many and varied; they have a theme, ranging from generic things like improving the community to specific themes like solving a specific delivery problem a company faces. Others vary in both types of challenges and tracks that are provided. Some hackathons are closed, conducted only for the members of an organization, while some are open to all. Some hackathons focus on the profitability of an idea and implementation, with teams winning sponsorships from investors, and some focus only on ideas and imagination of the participants. Some are short, some are long, and now, some are even virtual and online ... :-)
      All in all, a hackathon is a developer’s Disneyland!
                    
What questions should I ask ??
Where? - When? - Why? - What is a hackathon? - Costs? - Application? - Why should I apply? - How does the application process work? - Requirements? - What should I bring? - What kind of support is there? - Programming Languages and Platforms? - What about teams? - How will the hackathon work? - What are the challenges? - What if I don't know how to program? - What counts as a prototype? - What can I win? - AND, a Christian Hackathon ??
                    
Requirements?
You might be a programmer, developer, designer, sosmed marketer, media specialist or from any other tech background and course of study, the only requirement at #CodeForGOD is a Love for God and your motivation to solve problems and build an executable prototype/proposal within a short 48 hour period of time, together with teams of IT4God believers from all over Indonesia. We want you to in Faith go to beyond the limits of your own capacity into HIS, and discover new skills and horizons.
                    
What do you wear to a (virtual) hackathon?
Wear something casual and comfortable: If fancy suits are your thing, so be it, but remember, you are going to be scratching your head over a lot of things in the next few sleepless hours, so be comfortable. You do not want to be scratching other parts of your body due to uncomfortable clothes. You do not need to look pretty/handsome — make-up and hairspray are not required, but remember your personal comfort is.
                    
How do you approach a hackathon?
Here are the goals to keep in mind:
         -> Strengthen the community that the hackathon is for.
         -> Be welcoming to newcomers to the community.
         -> Provide an opportunity for participants to learn something new.
         -> Provide a space and a time for participants to make headway on problems they are interested in.
                    
How do I start hackathons?
You'll find simple tips/tricks distilled here.
         -> Know Your Goals. There are so many good ways to use a hackathon. ...
         -> Build a Team. You'll have more control over your experience at the hackathon if you come in with a team pre-formed. ...
         -> Choose Your Project. ...
         -> It Takes a Week to Prepare (at least!) ...
         -> Timebox. ...
         -> Take Care.
                    
How do I prepare for the Hackathon?
 -> Prepare for your idea: Think, elaborate on it, plan it. ...
         -> Choose the right team: Long hackathons tend to be team games. ...
         -> Identify what open source projects can help you, know how to use them. ...
         -> Set up your machines, and data sources. ...
         -> Set up productivity tools suitable for your idea.
                    
How do you win a hackathon?
Do's
         -> Focus on the MVP: Minimum Viable Product. [Realistic Idea+Solution]
         -> Break down your work into possible versions/stages/modularity.
         -> If the rules permit, work on your app design before the hackathon. ...
         -> Use frameworks and libraries. [Don't start/build all from scratch.]
         -> Focus on the judging criteria: judges have score cards, so keep them in mind.
         -> Teamwork, communication/coordination, and bold innovation.

        There are two important questions to ask yourself as you prepare:
            What problem will you work on and how will you solve it?
            What’s the pitch you will present to the judges?
        In addition, there are two things you can do to save time and make your life easier once it’s time to start developing your solution and prototype:
            Learn the technology ahead of time.
            Make mockups and wireframes up front.
                    
What is a good Project?
Projects/Products that are good for hackathons push the envelope with innovation and ingenuity. While you need to focus on a single problem, don’t limit your imagination or creativity. The sky is the limit, so inspire your judges with new ideas that take their technologies and solutions to entirely new places.
                    
How do I fix hackathon problems?
It's very important to talk to those around you. Talk to potential end-users of the product and understand their pain points. Talk to the judges and mentors, and understand what they're looking for. Talk to other teams and learn about the problems they're facing, cool APIs they're using, etc.
                    
How to focus? What is the critical message you want to convey to your judging panel? How can you deliver that message in a simple and impactful way?
It’s more powerful to focus on your idea and convey the critical message rather than try to impress judges with anything else. You are not pitching a startup but one killer feature or solution that solves a problem. // So the key is to ask yourself one big question: What is the CORE of your problem and the CORE of your solution? That should be your guide in how to present it to your judges. [You have very little time to code and pitch, so don’t waste time. Get right to the point and focus only on the elements that contribute to your pitch.]
                    
Other information
Set up judging criteria and choose your judges

        You should be able to define clearly what you want your hackathon to accomplish. Not only will this help you market your event, but it will also help you to establish the rules and set up judging criteria. Participants should understand exactly what you and the judges will be looking for to determine a winner. Some criteria you might consider include:

            Innovation. How creative is the solution? Does it represent out-of-the-box thinking?
            Technical achievement. What technological problems had to be overcome to create this product?
            Application. What kind of an impact will the solution make?

        The number of judges you have will depend on how big your hackathon is, but three or five are good numbers to start with. Ask people outside your company to join the judging panel; they might come from sponsoring companies or from a local government office. Give the judges clear instructions, and make sure they’ll arrive at the event at least half an hour before judging begins, so you can show them the ropes of how to carry out their responsibility.

        =============
        Cultivating Good Projects

        Not every project makes a good hackathon project. It is extremely important to maximize the following qualities in the projects at your event:

            Clearly articulated. Projects should have a clear question or problem they are trying to solve plus a reasonably specific proposed solution.
            Attainable. Most projects will accomplish about 25% of what they think they can accomplish in the limited time they have. Manage each project’s goals so participants are able to feel accomplished at the end of the session, not interrupted.
            Easy to onboard newcomers. Projects should have ready-to-go tasks for newcomers with a variety of skills and at a variety of skill levels. For coding projects, these tasks can’t require an intimate understanding of the code base, and make sure the build environment can be spun up in less than 20 minutes. Make a list of tasks or create github issues ahead of time!
            Led by a stakeholder. A stakeholder (or “subject matter expert”) guides a project to real-world relevance. Projects without a stakeholder can “solve” a problem that doesn’t exist. Ideally the leader (or one of the leaders) is a stakeholder, or a good proxy for a stakeholder. I strongly recommend reviewing Laurenellen McCann’s Build With, Not For series on involving stakeholders in all civic tech work. Additionally, it is never enough for a project leader to just be an ideas person. Beware when the leader is a stakeholder but can’t foresee how he or she might be implementing along with the rest of the team.
            Organized. For projects with four or more members, especially newcomers, the project leader’s role should be to coordinate, ensuring each team member has something to work on and helping to welcome new team members.

        Treat these bullets like a checklist. Projects that think about themselves in terms of these qualities tend to be happier and more productive.

        If you know what projects are going to be worked on at the event, the earlier you can get those projects thinking about this the better. Meet with project leads and talk about these components of their project ahead of time if possible. As an organizer, having this information about projects can also help you route participants to projects they may want to work on.
        =======================

        Positive/Supportive Energy

        Hackathons have gotten a bad rap because of some that have an unhealthy, competitive structure, and for setting unrealistic expectations. Don’t run a hackathon like that and you’ll be on the right track. Here are the goals I keep in mind:

            Strengthen the community that the hackathon is for.
            Be welcoming to newcomers to the community.
            Provide an opportunity for participants to learn something new.
            Provide a space and a time for participants to make headway on problems they are interested in.

        Don’t expect to have actually solved a problem by the end of the hackathon. Real life problems are hard! Think of the hackathon as a pit-stop on a long journey to solve problems or as a training session to prepare participants for solving problems.

        Since you’re not going to solve a problem, don’t put unrealistic (and unhealthy) pressure on your participants. Don’t stay up all night, don’t pump participants with caffeine, and don’t make winners and losers. Just don’t. There has never been beer, competitions, or time pressure at my hackathons. Participants should come energized and be greeted with positive energy.
        =====================================

        Tips for Preparing for the Hackathon: Logistics

         -> Prepare for your idea: Think, elaborate on it, plan it. This is also a test of your agility, all your skills in iterative, agile development are going to be tested. Know that a 24-hour hackathon is three working days' time on your hand. It is a lot, so plan how to utilize it best.
         -> Choose the right team: Long hackathons tend to be team games. Choose your team wisely. You should have compatible yet slightly overlapping, targeted skills and equal passion. You probably do not need a marketing executive or the so-called ‘product owners’ on your team unless the idea is from their domain. It is not a conference, you do not get a booth there. And passion, yes, you do not want your team members jumping into sleeping bags at the chime of 10 only to get up at 6 the next morning.
         -> Identify what open source projects can help you, know how to use them. Play around with them. Maybe send a pull request for missing features. But know what is going to help you get your project done faster and plan for it.
         -> Set up your machines. You do not want to be downloading a database server or creating cloud service provider accounts at the hackathon.
         -> Set up productivity tools suitable for your idea. For example, get accustomed to using a clipboard manager; write and keep handy scripts to automate simple tasks like starting DBs, launching DB shells, clearing tables, generators for various frameworks, etc.

        Tips for Hacking at the Hackathon

         -> Don't take it literally. Do not hack others’ devices. You can get banned from the premises or worse.
         -> Divide your hours like they were days. Four hours represent your half day of work in there. Have regular discussions.
         -> Divide your tasks and identify interfaces where your tasks meet.
         -> Use version control systems extensively. If it is a hardware product, keep taking photos from all angles. At a hackathon, I prefer to change the way I commit; usually, I commit often but push after cleaning. At a hackathon, I commit and push extremely frequently, on every unit completion. It would not be an exaggeration to recommend making the version control system your undo log. This also helps prepare for an unfortunate event if your machine decides to take a nap while you are banging the keys.
         -> Ban headphones on the team. Unless there is interaction, there is no team.
         -> Plan your long breaks, like lunch, dinner, and snacks to be in sync with your discussions.
         -> Take frequent breaks apart from the discussions, individual or team breaks, but get up and walk around. I drink a lot of water, that forces me to take frequent breaks and helps avoid health issues as well. It is also a good idea in your day to day work.
         -> Do not sit it through. Walk around, jump around, interact, stay active and awake.
         -> If you can, take naps in between. Just make sure you allow your partners to pour a water bottle on your head to wake you up, just in case. You do not want to miss all the fun by sleeping through it.
         -> There tends to be side events every few hours in long hackathons. Participate in them, get to know people.
         -> Meet people. You will find a whole lot of them are working on something amazing. You might end up meeting your next employer, co-founder, your living idol, or even your soulmate, if you are looking for that. You never know. All those coming to the hackathon tend to be there for their passion.
         -> Have fun. Win or lose, unless you have fun at the event, it is pointless. Have what fun means to you. No one forces you to take part in any of the events or to talk to people. If you just wish to code, so be it. But enjoy the 24 hours — you do not get platforms like this every day.

        Tips for After the Hackathon
         -> Wrap up everything, pack your items and belongings — do not forget your chargers and peripherals.
         -> Have one final meeting, plan out what you would like to do with the idea and the code/product built so far.
         -> Divide the tasks for the future and decide timelines. If you leave here without a plan, and if you have not won the prize, it is highly likely that the idea will never be pursued further.
         -> Know that what you are feeling, the mild body ache, sleepy red eyes, is similar to jet-lag and treat it as such by sleeping only at your usual time. Avoid taking an untimely nap during the day and get your routine back as soon as possible.
         -> Write a blog!